Kamis, 14 Maret 2013


Kemanusiaan dan Kebudayaan

          Kalo ngomongin masalah kemanusiaan dan kebudayaan itu sangat pas banget sama negara kita yaitu negara kesatuan Republik Indonesia .Yang mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam dan mempunyai banyak suku-suku yang berbeda dan menyebar di wilayah Indonesia .Di Indonesia juga memiliki banyak sekali adat-adat kebudayaan ,yang dari situlah terjadinya kerukunan dan kebersamaan antara masayarakat-masyarakat yang berbeda budaya dan adatnya. Seperti semboyan di negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”

          Akhir-akhir ini sering terjadi masalah tentang kebudayaan di Indonesia . Dimana ada Negara  lain yang mengaku-ngaku salah satu budaya Indonesia adalah sebagai budaya milik negara mereka . Contohnya tarian Reog ponorogo yang asli dari daerah Jawa Timur , ponorogo yang jelas-jelas wilayah Indonesia , masih saja diakui sebagai tarian dari negara mereka. Dan masih banyak lagi budaya Indonesia yang diakui oleh negara lain . Ini adalah sebagai peringatan untuk pemerintah Indonesia dan masyarakatnya supaya bisa menjaga dan melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia .

          Dibalik semua itu pasti ada hikmahnya . Pemerintah lebih peduli lagi kepada kebudayaan di Indonesia dan tidak menggesampingkan budaya-budaya di Indonesia lagi. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk melestarikan budaya di Indonesia dan juga masyarakat ikut berperan didalam pelaksanaanya .Pemerintah harus menyediakan tempat-tempat untuk melestarikan kebudayaan tersebut .Contohnya membuat sanggar-sanggar tari tradisional dan tarian-tarian lainya dan memberi guru untuk mengajarkan budaya-budaya tersebut supaya tidak tertinggal oleh zaman yang semakin maju. Tapi jangan budaya korupsi yang dilestarikan di negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar