Jumat, 24 Mei 2013

Manusia dan Keadilan

          Keadilan adalah suatu sikap yang tidak memihak kepada salah satu pihak. Sering kita temui orang-orang berdemo untuk menuntut keadilan, karena mereka merasa tidak diperlakukan adil. Contohnya didalam hukum ataupun yang lainnya. Di Negara kita yang bernotabene Negara hukum yang melakukan tindakannya berdasarkan hukum. Apakah itu benar?.
          Banyak sekali contoh di Negara kita ini tentang persoalan keadilan .Pada waktu sebelumnya kita pernah mendengar tentang seseorang bapak tua yang mencuri semangka di pasar .Warga miskin yang ingin  makan semangka tetapi tidak mempunyai uang untuk membeli semangka tersebut, sehingga bapak tua itu mencuri semangka itu . Dan alhasil terpergok oleh pedagang semangka tersebut . Tak disangka dan tak diduga kasus itu dibawa ke meja hijau . Dan si bapak tua itu divonis 5 tahun penjara oleh pengadilan, hanya karena sebuah semangka yang berharga puluhan ribu si bapak itu menderita di balik jeruji besi.
          Mungkin berbanding terbalilk dengan seorang koruptor. Mereka mencuri uang negara yang bernilai milyaran rupiah tetapi hanya mendapatkan hukuman ringan, tak sebanding dengan perbuatan yang mereka lakukan. Paling hanya mendapat hukuman penjara selama setahun. Hal tersebut menimbulkan banyak sekali koruptor-koruptor yang lain , karena hukumannya hanya seperti itu . Bagi para pencuri uang negara hukum bisa dibeli dengan uang mereka yang super banyak, keadilan bisa dibungkam dengan uang .
          Itukah yang dinamakan negara hukum ?. Dimanakah letak keadilan dinegara kita. Mencuri semangka yang harganya tak seberapa dengan seorang pencuri uang negara yang bermilyar-milyar , hukumannya lebih berat seorang pencuri semangaka dibanding mencuri uang rakyat. Dari hal tersebut Pemerintah harus bisa bercermin jangan hanya berlisensikan “Negara Hukum” tetapi hukumnya tidak ada keadilan sama sekali.
          “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Ingatkah dengan kata-kata itu yang terdapat pada Pancasila,itu sudah tidak berlaku lagi . Nilai-nilai Pancasila sudah hilang dari Bangsa kita. Seharusnya Pemerintah harus lebih tegas lagi dalam menangani kasus korupsi . Pemerintah harus bersikap dalam kasus tersebut jangan memakai logika dalam menghakimi para koruptor. Koruptor saja tidak memakai logika saat mencuri uang Negara. Ataukah memang korupsi menjadi budaya baru yang harus dilestarikan dan dilindungi supaya tidak punah..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar