Senin, 20 Mei 2013

Manusia dan Keindahan


                                                             Manusia dan Keindahan


          Keindahan sangat erat hubungannya dengan manusia , karena manusia sebagai salah satu faktor pendukung terjadinya keindahan . Manusia yang mempunyai penglihatan , pendengaran , perasa ,bisa merasakan keindahan disekitar dan bisa merasakan kenyamanan jika disekitar kita indah. Kita sebagai manusia berkewajiban menjaga dan merawat lingkungan supaya menjadi indah dan tidak tercemar.Adapun hubungan ilmu budaya dengan keindahan ,supaya keindahan menjadi budaya di kehidupan masyarakat.
          Contoh kongkrit di jaman sekarang yang sudah semakin tercemar, oleh perbuatan manusia itu sendiri. Dengan banyaknya pabrik-pabrik dan bangunan yang berdiri dan membuang limbahnya tanpa diolah ,itu menyebabkan pencemaran lingkungan yang sangat menganggu dikalangan masyarakat sendiri dan juga terhadap lingkungan .Penebangan hutan secara liar bukan hanya merusak tatanan penghijauan juga berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Terjadinya banjir dimana-mana itu sebagai dampak hilangnya penghijauan yang tergantikan oleh bangunan, sehingga penyerapan air hujan semakin berkurang.
          Pembuangan sampah sembarangan yang tidak terkontrol , sering kali masyarakat membuang sampah dikali dan merasa biasa saja. Tidak memikirkan akibatnya apa yang mereka lakukan tersebut.Membuang sampah di kali juga dapat menyebabkan banjir, karena penyumbatan aliran air karena disebabkan timbunan sampah yang menggunung . Dan juga mencemari sungai yang bagi sebagian masyarakat masih memanfaatkan aliran sungai tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.
          Pemerintah harus memberikan tempat-tempat pembuangan sampah yang luas dan merata di setiap tempat. Pemerintah harus bisa mengendalikan penebangan hutan secara liar , dengan memberi sanksi yang tegas kepada setiap pelakunya . Dan juga memberi himbauan kepada pabrik-pabrik supaya menggolah limbahnya menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan dan tidak mencemari lingkungan. Semua itu kembali kepada pribadi masing-masing yang  mau menjaga lingkungannya sendiri
          Jika manusia sudah cinta terhadap keindahan lingkungan, mereka sendiri akan sadar melihat lingkungan disekitar mereka yang kotor dan berantakan. Kita harus membudayakan hidup rapi dan bersih .Karena keindahan itu sebagian dari iman. Jika manusia saja tidak peduli dengan lingkungan dan tidak peduli keindahan ,mana mungkin iman mereka bersih. Karena setiap agama pasti mengajarkan tentang kepedulian terhadap lingkungan dan sesama. Karena hal itu awal dari keindahan yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar