Kamis, 02 Mei 2013

manusia dan tanggung jawab


           Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab bisa dengan semuanya , contoh kecil bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar kita. Coba lihat lingkungan kita apakah kita sudah bertanggung jawab dengan lingkungan kita ?. Apakah kita sudah menjaga lingkungan kita?.
          Tidak banyak manusia yang masih bertanggung jawab terhadap lingkungan disekitar. Mereka tidak peduli lagi terhadap lingkungan sekitar mereka. Banyak perilaku manusia yang mencerminkan tidak ada rasa tanggung jawab terhadap lingkungan mereka. Menebang hutan secara liar, membuang sampah sembarangan, membuang limbah sembarangan, membuat bangunan-bangunan sesuka hati mereka tanpa memperhatikan dampak yang akan terjadi oleh perbuatan yang manusia itu lakukan.
          Banyak bencana alam yang terjadi karena ulah manusia tersebut dan juga tidak banyak manusia yang merasakan dampak negatif dari perbuatan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyak masyarakat membuang sampah dikali yang menimbulkan banjir dimana-mana. Penebangan hutan secara liar yang mengakibatkan tanah longsor dan banjir juga ,karena tidak ada resapan yang sepadan untuk menampung air hujan. Banyaknya bangunan-bangunan yang dibangun menyebabkan banjir karena hilangnya penghijauan dan tidak adanya lahan untuk meresap air hujan.
          Dengan hal demikian siapakah yang harus bertanggung jawab atas semua itu. Kebanyakan masyarakat menyalahkan Pemerintah tapi tidak sadar akan perbuatan yang mereka lakukan sendiri. Masyarakat hanya bisa menyalahkan jika bencana suadah terjadi dan menimpa mereka sendiri. Seharusnya masyarakat harus menanggung semua atas perbuatan yang mereka lakukan sendiri, jangan hanya bisa menyalahkan Pemerintahan.
          Dengan demikian masyarakat harus bisa bersikap dan menjaga lingkungan mereka sendiri. Pemerintah hanya memfasilitasi dan memberi lahan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungannya. Bukan hanya menyalahkan untuk semua bencana tersebut , seharusnya ada kesadaran diri dari masing-masing pihak. Bertanggung jawab bersama untuk menjaga lingkungan sekitar dan juga bertanggung jawab atas kenyamanan lingkungan sekitar. Jika masing-masing pihak sudah saling bertanggung jawab terhadap lingkungan, maka tidak akan lagi terjadi bencana alam seperti itu. Bertaggung jawab demi kenyamanan kita sendiri, jagai lingkungan sekitar, lindungi bumi kita dari global wormning. Go green lets do it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar