ARTI
PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE
I. PENDAHULUAN
Organisasi pada dasarnya adalah sejumlah orang yang
bekerjasama secara reguler untuk mencapai suatu tujuan yang sulit untuk dicapai
bila dilakukan secara individu. Orang-orang dalam organisasi tersebut bekerja
bersama dan bekerjasama dalam kelompok-kelompok kerja sesuai dengan bidang
tugas masing-masing. Dengan kata lain, kelompok tersebut memainkan peranan
penting di dalam organisasi dan menjadi cerminan kinerja organisasi.
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah
suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu
sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama
sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Organisasi pada
dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin
dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,
lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
II. TEORI
Pengertian Organisasi bisa diartikan dalam berbagai
macam sumber berikut pengertian organisasi dalam lingkupnya :
– Organisasi dalam arti statis
Organisasi statis itu merupakan gambaran secara
skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam
suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan.
– Organisasi dalam arti dinamis
Organisasi Dinamis adalah setiap kegiatan yang
berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan
departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari
orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Kalo mau disingkat, “organisasi
dinamis” adalah kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan
susunan organisasi suatu usaha.
– Organisasi sebagai sistem kerja Sama
Organisasi sebagai sistem kerja sama berarti bahwa
kerja sama dalam suatu organisasi sangat
penting karena mencakup dalam berbagai bidang yang
mengarahkan pada suatu tujuan.
– Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja
Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja
berarti bahwa hubungan kerja dalam suatu organisasi sangat berperan penting
dalam terlaksananya suatu organisasi dalam mengendalikan dan memanfaatkan
sistem tata hubungan dalam proses berorganisasi.
– Organisasi sebagai proses pembagian tugas
Organisasi sebagai proses pembagian tugas berarti
organisasi memiliki pembagian tugas yang sudah terstruktur dengan baik agar
suatu organisasi berjalan dengan lancar dan efektif.
Manajemen & Organisasi
Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk
mencapai tujuan
Manajemen
Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan
pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan
untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan
Tata kerja
Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus
dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
Manajemen, Organisasi & Tata kerja
• Manajemen
Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama
antar manusia
• Organisasi
Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokan
• Tata
Kerja
Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama
tersebut harus dilaksanakan sehingga
tujuan tercapai secara efisien
III. Analisis
Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi
dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak
langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara
efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan.
Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja
yang harus dilakukan.
Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai
keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam
situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok
dalam usaha mencapai tujuan.
Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya
berarti keterlibatan jasmaniah semata.Partisipasi dapat diartikan sebagai
keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi
kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam
usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang
bersangkutan.
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan
menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti
dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisai dan metode
(tata kerja). Manajemen, organisai dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan secara efisien.
IV. REFERENSI
http://dhendy-pisces.blogspot.com/2010/10/organisasi-statis-dan-dinamis.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar