CIRI-CIRI,UNSUR DAN TEORI
ORGANISASI
I. PENDAHULUAN
Manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa
memiliki kecenderungan untuk berinteraksi dengan sesamanya. Dengan adanya suatu
Interaksi antar manusia dapat diwujudkan dalam sebuah organisasi yang akan
membentuk sikap dan perilaku seseorang terhadap sesamanya. Oleh karena itu
banyak ciri-ciri, unsur-unsur dan beberapa teori yang akan dijabarkan dalam
pembahasan kali ini agar dapat mengembangkan pemahaman tentang terbentuknya
suatu organisasi
II. TEORI
Didalam suatu organisasi pasti memiliki ciri-ciri didalam
nya untuk mencapai suatu keserasian didalam organisasi.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur
dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang
harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi
tugas-tugas
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga
merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama
antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama
untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan
struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang
bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
è Unsur-unsur
Organisasi
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur
tertentu, yang antara lain sebagai berikut :
• Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
• Ada tujuan tertentu
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat
dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang untuk
melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana
cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam
arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian
tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan
kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum,
maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai
tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi
mahasiswa dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama
juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek,
jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di
susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam
suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik
hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat
sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan
kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan
masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih
jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di
hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang
apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.
4. Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi
seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan
cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi
tidak baik. Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik akan mendapat
keuntungan antara lain sebagai berikut :
- Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan
dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling
dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus
jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
è TEORI
ORGANISASI
1. Teori Klasik
Yaitu teori yang menganggap manusia sebagai onderdil
mesin yang dapat di gonta ganti sesuai kehendak pemimpin.Definisi Organisasi
menurut Teori Klasik:
Organisasi merupakan struktur hubungan,
kekuasaan-kejuasaan, tujuan-tujuan, peranan- peranan, kegiatan-kegiatan,
komunikasi dan factor-faktor lain apabila orang bekerja sama.
2. Teori NeoKlasik
Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran
Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul
akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan
teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social
karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.
Dalam pembagian kerja Neoklasik memandang perlunya:
a. Partisipasi
b. Perluasan kerja
c. Manajemen bottom_up
3. Teori Modern
Teori Modern sering disebut dengan teori “Analisa
Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan
neokalisasi. Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsur organisasi
sebagai satu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan.
Organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil
akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan
lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus
bisa beradaptasi dengan lingkungan.
III. Analisis
Berdasarkan teori di atas sudah dijelaskan landasan
utama pendirian suatu organisasi adalah sekelompok individu dengan tujuan yang
sama bekerja sama, berkontribusi demi pencapaian tujuan tersebut. Untuk
pencapaian tujuan suatu organisasi tersebut harus bisa menganalisa
masalah-masalah yang akan timbul dalam pelaksanaan suatu organisasi. Dengan
didasari dari unsur-unsur suatu organisasi dan ciri-ciri organisasi tersebut
memungkinkan kita untuk menjalankan suatu organisasi dengan benar dan tercapai
tujuan dari organisasi yang kita harapkan.
IV. Referensi
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1931283-ciri-ciri-organisasi/
http://orienisasi.blogspot.com/2012/11/tugas-softskill-ciri-ciri-unsur-dan.html
http://kampunglinux.blogspot.com/2011/10/ciri-unsur-dan-teori-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar