Senin, 20 Mei 2013

Manusia dan Penderitaan


Manusia dan Penderitaan


          Pada umumnya penderitaan adalah bagian dari kehidupan manusia. Semua pasti pernah mengalami penderitaan, entah menderita secara materil maupun non materil. Penderitaan sendiri bisa terjadi oleh banyak faktor dari manusianya itu sendiri maupun dari lingkungan sekitar dan dari keadaannya . Manusia sangat takut menderita, karena penderitaan itu adalah kesengsaraan .
          Menurut sisi pandang yang ada penderitaan yang terjadi sebagian besar adalah masalah materil. Orang merasa menderita karena hidup yang kekurangan tidak mempunyai apa-apa. Contohnya banyak disekitar kita, salah satunya anak jalanan ataupun pengamen jalanan . Kalau dilihat dari sisi materil mereka sangatlah menderita hidup dijalanan , tidak punya tempat tinggal , makanpun seadanya.
          Melihat anak-anak yang seharusnya sekolah tetapi malah hidup dijalanan untuk mengamen. Anak-anak yang seharusnya mendapat kasih sayang dari orang tua mereka malah berada dijalanan untuk mengais rejeki. Tapi dibalik itu semua pasti ada kesenangan tersendiri.  Belum tentu orang yang mempuyai harta berlimpah bisa tertawa lepas seperti anak jalanan itu.
          Dibalik penderitaan itu pasti ada sisi kesenangannya jika kita mau mengambil sisi positifnya. Karena semua itu adalah cara Tuhan untuk membentuk kedewasaan umatnya. Melalui penseritaan Tuhan ingin tahu seberapa imanya kepada Tuhan. Apakah mereka meninggalkan Tuhan ataukah semakin beriman dan dekat dengan Tuhan. Karena penderitaan adalah proses untuk membentuk diri kita untuk semakin lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar